Sejarah Adalah Guru Kehidupan!!!

Sejarah Adalah Guru Kehidupan!!!

Jumat, 29 Oktober 2010

Bom sisa perang dunia 2.



REUTERS/Jorge Jimenez/AL Ekuador
TEMPO Interaktif, Quito -Para nelayan menemukan belasan bom yang diyakini dari Perang Dunia II. Bom ini ditemukan terkubur di Kepulauan Galapagos. Bom-bom itu ditemukan di Pulau Bartolome, salah satu pulau dari kepulauan Galapagos yang terletak sekitar 600 mil di lepas pantai barat laut Amerika Selatan.

Kepulauan itu merupakan salah satu bagian provinsi Ekuador, tidak heran bila ditemukan bom di sana. Sebab, sangat mungkin Amerika Serikat memiliki pangkalan militer di pulau itu. Pulau tersebut lokasinya yang strategis di barat daya dari Terusan Panama.

Luis Martinez, kepala operasi untuk Puerto Ayora di Pulau Santa Cruz, mengatakan kepada Reuters bahwa bom tidak menimbulkan bahaya pada masyarakat. Meski tak berbahaya Angkatan Laut Ekuador telah diberitahu penemuan ini sebagai tindakan pencegahan.

"Peralatan militer yang ditemukan ini berasal dari Perang Dunia Kedua dan terkubur," kata Martinez.

Martinez mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk membuat pencarian lebih menyeluruh wilayah di Pulau Bartolome kalau-kalau ada bahan peledak perang lain untuk digali.

Kepulauan vulkanik Galapagos dikunjungi oleh ribuan wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Mereka datang untuk melihat keragaman hayati yang sebagian terancam punah. 

Naturalis Inggris, Charles Darwin mengembangkan teori evolusi di abad ke-19 setelah mempelajari satwa liar di sana.

Tidak ada komentar: